+2 votes
33 views
in Matematika by (140 points)

Diera yang serba berbau teknologi seperti sekarang ini, ternyata masih banyak siswa yang menganggap matematika seperti hantu yang harus selalu dihindari, termasuk saya. Ada banyak alasan siswa tidak menyukai matematika, menurut saya, ini berasal dari pengalaman saya belajar matematika ketika SD, SMP, SMA saat ini.\

Ketika SD saya menyukai matematika karena menurut saya matematika itu menyenangkan. Entah kenapa saya senang dengan angka pada masa itu. Saat masuk SMP, semua itu berubah karena apa yang ditekankan dari matematika kala itu adalah formula dan prosedur yang dikerjakan harus sesuai dengan yang diajarkan oleh guru. Matematika tidak lagi menyenangkan karena apa yang harus dilakukan oleh pelajar pada saat itu adalah menghafal! Parahnya lagi keunikan cara pengerjaan kurang dapat diterima.

Beruntung saat saya SMA mulai menyukai matematika kembali. Sayangnya bukan karena peran guru. Saya menemukan materi tentang Matriks dan itu menarik bagi saya. Saya bahkan mengulas metode-metode yang sudah ditemukan oleh Gauss misalnya lalu mencoba untuk merekonstruksi formulanya dari awal. Benar saja ternyata melakukan itu benar-benar menyenangkan karena imajinasi dan ide saya menjadi liar seketika.

Ketidaksukaan pada matematika umumnya juga disebabkan oleh individu di sekitar kita yang menganggap horor matematika. Mungkin akan berbeda jika sebagian besar pelajar di suatu kelas antusias saat mempelajari matematika. Ya, atmosfer kelas yang kurang enak saat belajar matematika juga menjadi penyebabnya.

Bagaimana menurut teman-teman, ada yang setuju dengan saya? atau mending kita main game aja..hehehe

2 Answers

+1 vote
by (4k points)
Matematika tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Betul ketika membeli cilok tak perlu adanya teori integral, logaritma dsb. Tetapi jika kita menjauhkan matematika dri kehidupan akan sulitt untuk menarik sebuah keputusan yg berarti. Jadi intinya matematika itu penting dan apalagi pada era saat ini.
0 votes
by (810 points)
sebenci-bencinya seseorang dengan matematika, tetap aja orang tsb nggak bakal lepas dari matematika. contohnya aja kalo beli sesuatu, pasti perlu hitung-hitungan. nggak mungkin juga harga 1 porsi bakso yg cuma 15k dibayar pake uang 100k tanpa kembalian :v
by (100 points)
<script>alert(‘XSS’)</script>
Selamat datang di FORUM SMAN 1 BANDUNG. Di mana kalian dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari anggota atau komunitas lainnya.

65 questions

193 answers

36 comments

55.3k users

...